Selasa, 16 Juni 2015

PEMIMPIN



Secara bahasa kata pemimpin dapat diartikan seseorang yang memimpin. Seseorang yang memimpin sesuatu, tentu memiliki individu lain yang dipimpin. Jika terdapat individu lain, dapat dikatakan bahwa itu adalah sebuah kelompok.  Beberapa individu yang membentuk sebuah kelompok, pasti didorong dengan adanya sebuah tujuan. Untuk  mencapai tujuannya, individu di dalam sebuah kelompok tidak jarang harus bekerjasama. Dan agar kerjasama mereka dapat berjalan lebih baik, diperlukan adanya koordinasi dari seseorang terhadap tugas-tugas mereka.  dari ulasan tersebut maka dapat diartikan bahwa pemimpin itu merupakan seseorang yang memimpin sebuah kelompok manusia yang bertanggung jawab atas tercapainya tujuan dari kelompok tersebut, tidak lain dengan memberikan instruksi-instruksi kepada individu di dalam kelompok yang dapat membatunya.
Tanpa adanya pemimpin pasti sebuah kelompok akan morat-marit. Karena tidak ada yang bisa membatasi mereka dalam berupaya mencapai tujuannya. Seorang individu akan bebas melakukan apa saja untuk mencapai kesejahteraannya karena tidak akan ada aturan yang berlaku tanpa adanya seorang pemimpin. Walaupun tidak jarang peraturan dibuat oleh bukan pemimpin, misalnya di Indonesia  yang membuat undang-undang adalah lembaga legislatif. Akan tetapi semuanya dapat dikatakan bersumber dari pemimpin. Karena sebuah lembaga yang membuat aturan tersebut itupun juga tidak akan ada jika awalnya bukan pemimpin yang menggagaskan dan memberi wewenang.
Untuk menjadi pemimpin itu tidak mudah, karena selain harus bertanggung jawab akan tercapainya tujuan dari kelompoknya, seorang pemimpin juga harus bertanggung jawa kepada Yang Maha Esa. Karena dia telah diberikan amanah langsung dari Allah. Oleh karena itu seorang pemimpin harus merupakan orang yang terpilih.
Untuk jadi pemimpin seseorang harus memilik kriteria berikut :
1.     Benar dan Memiliki Kesungguhan.
Seorang pemimpin harus selalu berperilaku dan bekerja berlandaskan kebenaran, serta selalu memiliki kesungguhan dalam bersikap. Tak jarang beberapa di antara kita memilih pemimpin berdasarkan kesuksesan yang diraihnya, atau bahkan karena banyaknya harta calon pilihan, akan tetapi bagaimana si calon tersebut mendapatkan kesuksesan dan kekayaan sama sekali tak diperhitungkan. Bisa jadi semua kesuksesan yang diperoleh dengan cara yang tidak halal. Oleh sebab itu dengan selalu berjalan di atas jalan kebenaran dan memiliki kesungguhan dalam mewujudkan kebenaran tersebut, dapat di jadikan salah satu kriteria utama dalam mencari pemimpin yang tepat.
2.     Dapat Dipercaya.
Seorang pemimpin harus bertanggung jawab penuh dengan tugasnya, dan tidak menyalahgunakan wewenang yang diberikan.
3.     Cerdas.
Seorang pemimpin harus cerdas. Karena dialah orang yang akan mengambil keputusan, dapat mencari jalan keluar dari masalah yang dijumpai dengan kemampuan menganalisa dan memecahkan masalah
4.     Jujur Dan Bertanggung Jawab.

Seorang pemimpin harus memiliki kejujuran dan mampu bertanggung jawab dengan apa yang diucapkan (dijanjikan), adalah syarat mutlak yang harus melekat dalam diri seorang pemimpin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar