Selasa, 28 April 2015

Prinsip Berpegang Teguh

Prinsip dapat diartikan sebagai suatu pedoman bagi seseorang untuk bertindak. Dalam kehidupan seorang individu, prinsip ini bisa muncul dari diri sendiri maupun dari luar. Prinsip yang muncul dari dalam diri biasanya merupakan hasil pemikiran seseorang tentang apa yang harus dia jadikan pedoman berdasarkan pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain yang telah ia amati. Prinsip yang muncul dari luar diri sendiri biasanya bersumber dari ajaran agama, budaya, keluarga, dan lingkungan sekitar.
Berpegang teguh pada prinsip, menunjukkan tingkat kedewasaan seseorang. Karena orang yang dewasa tentu telah bisa berpikir seutuhnya mana yang baik dan mana yang benar sehingga dapat memilih prinsip hidupnya dan menjadikannya pedoman. Memang kadang-kadang dalam berpegang teguh pada prinsip hidup kita banyak godaan dan hal-hal yang amenghalangi, tetapi hal itu kembali kepada diri kita sendiri. Yakni seberapa dewasa kita untuk berpegang teguh kepada prinsip hidup kita.
Setiap orang memiliki prinsip hidup yang berbeda-beda. Hal ini tentu sangat menentukan peranan seseorang dalam kehidupan sosial. Karena prinsip adalah sesuatu yang akan dijadikan pedoman dalam mengambil keputusan. Dan suatu keputusan dalam hidup seseorang tentu akan berpengaruh kepada jalan hidupnya. Seseorang yang memiliki prinsip hidup yang bagus dan selalu berpegang teguh tentu akan membuat keputusan yang bagus juga. Dan itu akan menjadikannya sebagai seseorang yang sukses sebagai individu dan makhluk sosial.

Berpegang teguh pada prinsip dapat diajarkan sejak dini. Dalam hal ini tentu keluargalah yang sangat berperan penting. Karena keluarga merupakan lingkungan paling dekat seseorang sehingga dapat dengan mudah untuk mengajarkan sesuatu. Selain itu prinsip-prinsip dalam keluarga tentu akan sering diamati oleh seorang anak sehingga dapat dicontoh dan mengimplementasikan dalam hidupnya jika sudah dewasa kelak. Dalam hal inilah, pentingnya keluarga yang harmonis untuk menghasilkan anak-anak yang sukses dengan berpegang teguh pada prinsip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar